Tuesday 11 March 2014

Artis di Panggung Politik

Fenomena artis di panggung politik telah menjamur sejak beberapa tahun yang lalu. Awalnya yang berani mencalonkan diri hanyalah artis-artis tertentu yang memang memiliki ketertarikan dan pendidikan dasar di bidang politik. Beberapa di antaranya ialah Wanda Hamidah dan Deddy "Miing" Gumelar. Namun kini para artis dengan berbagai latar belakang mulai dari Jupe, Rhoma Irama, hingga Angel Lelga ikut meramaikan panggung politik Indonesia.

Meski tak sedikit pihak yang tak setuju dan mengkritik fenomena ini, namun realitanya, tak sedikit pula artis yang berhasil meraih simpati masyarakat dan merajut karir politiknya. Agaknya ini juga yang menyebabkan semakin banyaknya tawaran dari partai-partai politik untuk menggandeng para artis. Menurut saya, kita tidak dapat sepenuhnya menyalahkan para artis dalam hal ini. Sebab undang-undang di negara kita memperbolehkan berbagai profesi tanpa latar belakang dan kemampuan politik mumpuni, untuk menduduki jabatan politik di Indonesia. Asalkan lulus SMA dan punya popularitas, mulai dari tukang becak hingga artis dapat mencalonkan diri menjadi tokoh politik.

Meski demikian, tentu kita tahu bahwa politik lebih dari sekedar popularitas dan berbeda dengan dunia hiburan yang digeluti para artis. Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat Indonesia-lah yang bertanggung jawab agar dapat memilih pemimpin atau wakil rakyat yang tepat. Kitalah yang seharusnya memiliki pengetahuan akan politik sehingga dapat bersikap cerdas dan berhati-hati dalam memilih. Namun kita juga tidak boleh mendiskreditkan profesi artis. Banyaknya pilihan yang ada membuat kita harus semakin jeli dalam membuat pilihan, terutama karena keputusan ini akan berpengaruh bagi masa depan bangsa kita dan mengubah hidup banyak orang.

No comments:

Post a Comment